Kolaborasi Berlanjut, Puskesmas Praya Sukseskan Vaksinasi dan Screening HIV/AIDS Bagi WBP Rutan Praya

    Kolaborasi Berlanjut, Puskesmas Praya Sukseskan Vaksinasi dan Screening HIV/AIDS Bagi WBP Rutan Praya

    Lombok Tengah NTB - Setelah beberapa hari lalu diadakan penyuluhan kesehatan, kali ini Rutan Kelas IIB Praya Kanwil Kemenkumham NTB melaksanakan kegiatan Vaksinasi dan Screening HIV/AIDS terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Selasa (20/9).

    Kegiatan yang dipusatkan di Ruangan Bimker (Bimbingan Kerja) Rutan Praya ini kembali menggandeng Tim Kesehatan Puskesmas Praya.

    Vaksinasi ditujukan kepada WBP yang belum melaksanakan vaksinasi baik dosis 1, 2, maupun 3. Kegiatan ini merupakan upaya dari pemerintah untuk membentuk kekebalan tubuh dalam menangani masalah pandemi COVID-19 dan menjadi salah satu syarat WBP melakukan kunjungan tatap muka secara terbatas terbatas.

    Rutan Praya sendiri memperbolehkan warga binaannya dikunjungi secara tatap muka dengan syarat telah menerima vaksin dosis pertama.

    Pada kesempatan yang sama, Tim Puskesmas Praya juga melakukan Screening HIV/AIDS bagi WBP. Proses ini diawali dengan konseling kondisi umum WBP yang dilanjutkan dengan tes serologi, yaitu tahapan pengujian sampel darah.

    Kemudian dilanjutkan dengan tahap ketiga yaitu Post-test, dimana dalam prosedur ini petugas menyampaikan hasil Screening kepada peserta. Hasil Screening HIV/AIDS seluruh peserta Rutan Praya adalah Non-Reaktif (NR).

    "Hari ini kami laksanakan pemberian vaksin 1, 2, dan 3 bagi warga binaan yang belum maupun ingin booster, dan kami lakukan juga screening HIV/AIDS bekerjasama dengan puskesmas praya untuk mengetahui keadaan WBP sehingga bisa dicarikan solusi jika ada yang terjangkit, " ujar Jumasih selaku Karutan Praya.

    Jumasih mengucapkan terima kasih kepada Tim Kesehatan dari Puskesmas Praya yang telah mau bekerjasama dengan memberikan vaksinasi dan screening HIV/AIDS kepada WBP Rutan Praya.(Adb)

    ntb
    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi

    Artikel Sebelumnya

    Pastikan Keamanan dan Kebersihan Rutan,...

    Artikel Berikutnya

    Tingkatkan Kinerja Bhabinkamtibmas, Kapolres...

    Komentar

    Berita terkait